Rabu, 06 April 2011

UPKSBS UMI


UPKSBS UMI 
   
 Unit Pengembangan Kreativitas Seni Budaya dan Sastra Universitas Muslim Indonesia (UPKSBS UMI) adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa di kampus UMI yang bergerak dalam pidang pengembangan kreativitas kesenian mahasiswa. UPKSBS UMI yang awalnya bernama UKM seni budaya UMI, berdiri pada tanggal 25 mei tahun 1999, atas prakarsa kanda Ancha Arjae lalilo dan beberapa kerabatnya, sejarah berdiri UKM seni UPKSBS UMI tak terlepas dari peristiwa AMARAH 1996 yang sampai saat ini menjadi spirit UKM seni UMI dalam berkarya.
UKM seni UPKSBS UMI dalam perkembangannya telah mengalami tujuh kali pergantian kepemimpinan dan telah mengadakan 10 kali pengkaderan anggota. Struktur dan divisi-divisi didalamnya pun terus mengalami modifikasi dan perkembangan seiring dengan kebutuhan jaman dan teknologi dengan asumsi UKM seni UMI adalah sebuah Laboratorium dimana kita meracik dan merancang suatu formula berkesenian yang tepat yang mampu mengintegrasikan kondisi sosial budaya yang terjadi di masyarakat.
UKM seni membawahi beberapa divisi diantaranya: Div. kekaryaan (sub div; Teater, Musik, Tari, Penulisan, Rupa), Div. Dokumentasi dan penelitian, Div. Rumah tangga, dan Div. pendanaan. Pola berkesenian umumnya mengutamakan pelestarian kesenian tradisional daerah sebagai suatu aset peninggalan yang harus dijaga kelestariannya. disamping itu pengembangan kemampuan (skill) dan pengetahuan baik yang sifatnya individu atau kelembagaan yang berbasis kesenian sehingga menjadi bekal ketika terjun ke masyarakat sebagai seorang sarjana berwawasan seni yang kreatif dan inovatif.
Saat ini UKM seni telah berusia 11 tahun dan telah menghasilkan karya2 besar dan prestasi di setiap generasinya yang membuatnya menjadi salah satu UKM besar di UMI, UKM seni besar di Makassar, bahkan tingkat nasional nama UKM seni UMI sangat tidak asing dengan keaktifannya mengikuti event2 seni nasional seperti Katimuri, PPA, peksiminas, Festamasio, festival monolog, dll, bahkan menjadi penggagas kegiatan nasional TemuTeater Mahasiswa Nusantara yang saat ini telah dilaksanakan 8 kali dan merupakan event tahunan, saat ini sementara menghadapi yang ke 9 di Riau pada bulan oktober 2011.
Disamping kegiatan nasional, UKM Seni UMI juga mempunyai peran nyata dalam lingkungan kampus UMI dengan ikut bekerjasama dalam program2 kesenian  kampus UMI, seperti pelatihan paduan suara dan vokal grup untuk wisuda dan acara pelantikan, sampai program MTQ nasional 2011 nanti, UKM seni UMI telah siap berpartisipasi aktif dan akan memberikan karya2 terbaiknya demi mengharumkan nama UMI di kancah nasional.  Begitupun halnya dengan hubungan dengan Fakultas-fakultas di dalam dan luar lingkungan kampus UMI. UKM seni UMI menjadi solusi terhadap Fakultas dan UKM lain untuk kegiatan2 yang memuat acara kesenian untuk keperluan inaugurasi, seminar, Milad, dll dalam bentuk pelatihan vokal dan paduan suara, pelatihan tari, perkusi, Musik, pemasangan Panggung, dan lain2. Sehingga tak perlu diragukan lagi bagaimana peran UKM seni UMI dalam lingkungan kampus maupun luar kampus UMI yang diwujudkan melalui prestasi2 dan penghargaan dalam bidang seni. 
oleh : Dhany Rupawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar